MANFAAT ROTAN





Manfaat Rotan
====================







Rotan adalah jenis tanaman berbatang yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan cukup sering ditemukan di daerah beriklim tropis seperti Asia, Afrika, dan Australia. Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang ramping dengan lebar sekitar 2-5 cm. rotan sendiri mempunyai batang dengan struktur yang berongga. Ia juga memiliki ruas-ruas yang cukup panjang dengan disertai duri yang panjang di sekitar permukaan batangnya. Konon, nama rotan berasal dari bahasa melayu dengan mengacu pada asal kata raut. Raut memiliki makna menguliti. Tanaman ini merupakan salah satu sumber hayati yang banyak bermanfaat di Indonesia. Kesediaan tanaman ini cukup banyak karena iklimnya yang sangat mendukung. Terlebih kini getah rotan juga diperlukan untuk berbagai keperluan.




Rotan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, mulai dari masalah industry hingga masalah kesehatan. Diantara kandungannya yang kaya, ternyata rotan sangat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaat dan khasiat getah rotan untuk kesehatan…
1. Mengatasi penyakit radang tenggorokan

Tenggorokan adalah komponen yang penting untu kehidupan dimana makanan yang selesai dikunyah dimulut akan masuk ke lambung melalui tenggorokan. akan tetapi, radang tenggorokan seringkali mengganggu manusia sehingga ia membuat aktifitas tidak nyaman. Sebenarnya, ada berbagai jenis formula atau obat yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan yang alami seperti getah randu. Getah rotan sudah banyak digunakan orang untuk mengatasi masalah radang tenggorokan.
2. Mengatasi penyakit batuk

Manfaat kedua dari getah rotan adalah membantu Anda dalam mengobati penyakit batuk. Batuk termasuk ke dalam jenis penyakit menular yang cukup sering menyerang manusia. Meskipun sudah diobati dengan obat dokter, tetap saja penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga harus diimbangi dengan yang lain. Salah satunya adalah bahan alami getah rotan.
3. Mengatasi penyakit pilek yang berkepanjangan

Pilek juga termasuk penyakit yang disebabkan karena virus. Ia juga tergolong penyakit yang menular, sehingga penderitanya harus segera mencari alternatif untuk mengatasinya. Salah satu cara alami dan cukup ampuh untuk mengatasi pilek adalah dengan menggunakan getah rotan. Kandungan yang terdapat di dalam getah rotan mampu membuat pilek Anda hilang.
4. Mengobati penyakit diare

Diare seringkali membuat seseorang kehabisan cairan di dalam tubuh. jika tidak ditangani dengan baik, bisa berisiko terjadi kematian. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah diare. Diantaranya adalah menggunakan cara alami getah rotan. Kandungan yang ada di dalamnya sangat ampuh dalam mengatasi masalah diare. Dengan mengkonsumsi secara rutin pada pagi dan sore hari, maka Anda akan bisa sembuh dari gangguan tersebut.
5. Mengobati penyakit malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena nyamuk. Terkadang penyakit ini mirip dengan penyakit musiman. Terbukti dari banyaknya orang yang terserang malaria dalam waktu yang bersamaan. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan getah rotan dengan cara menyeduhnya.
6. Membantu mengatasi pendarahan pada organ dalam

Manfaat lain yang dimiliki oleh getah rotan adalah mampu mengobati pendarahan pada organ dalam. Tidak bisa dipungkiri bahwa karena faktor tertentu ada kalanya seseorang mengalami pendarahan pada organ dalamnya, baik itu otak, paru-paru dan lain sebagainya. Getah rotan yang diseduh dan diminum secara rutin akan membuat seseorang menjadi sehat kembali.
7. Mampu mengatasi demam

Demam adalah penyakit yang umum menyerang, terlebih saat mengalami kehujanan dan lain sebagainya. Selain menggunakan obat kimia, sebenarnya bisa menggunakan obat alami berupa getah rotan. Getah rotan yang diolah bersama air kemudian diminum secara rutin pada saat demam, maka demam Anda akan segera teratasi.
8. Membantu menyembuhkan luka

Luka adalah salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi sehingga harus segera diatasi supaya tidak lanjut pada infeksi. Getah rotan memiliki kandungan yang mampu membantu mempercepat pengeringan luka.
9. Sebagai anti bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab munculnya penyakit sehingga harus segera dilawan. Sebenarnya, ada bakteri baik dan juga bakteri yang tidak baik. Diantara keduanya, yang paling membahayakan kesehatan manusia adalah bakteri jahat. Dan salah satu cara untuk mengatasi bakteri adalah dengan menggunakan getah rotan.
10. Membantu menjaga kesehatan rambut

Memiliki rambut yang sehat dan alami adalah impian setiap orang. dan untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu mencari yang mahal-mahal ke salon karena ada getah rotan yang akan menjadi formula ampuh.

Komentar